Tips Membaca yang Baik di Smartphone

Siapa tak kenal smartphone ? Salah satu perangkat elektronik yang menjadi kebutuhan primer di era digital saat ini. Smartphone dianggap sebagai perangkat yang serbaguna, karena apapun dapat dilakukan di ponsel pintar. Ya, perkembangan zaman memang membuat banyak perubahan pada segala aspek, termasuk cara orang ketika membaca buku. Kini membaca buku tidak hanya dilakukan dalam bentuk fisik saja, sebab saat ini banyak orang yang lebih memilih membaca melalui smartphone dengan bergam konten digital yang tersedia di dalamnya.


Di zaman canggih serba digital saat ini, kebanyakan orang mulai beralih ke konten internet untuk bahan bacaan mereka. Mulai dari novel, dongeng, cerpen, berita, ilmu pengetahuan dan sebagainya yang kini telah banyak tersedia dalam bentuk e-book atau digital. Bahkan kemudahan membaca di smartphone kini semakin ditunjang dengan adanya aplikasi reader, yang mana mendukung aktivitas membaca kapan pun dan dimana pun. 

Namun perlu anda ingat, untuk menunjang kegiatan membaca melalui smartphone sangat perlu memperhatikan kesehatan mata. Sebab, semakin sering anda menatap layar smartphone, maka semakin cepat membuat mata anda cepat lelah. Hal ini dikarenakan paparan cahaya dari layar ponsel yang terus menerus dalam durasi lama bisa berpotensi merusak mata. Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan caa membaca yang baik dan benar di smartphone untuk menjaga kesehatan mata anda. Bagaimana caranya ? Nah, berikut ini beberapa tips membaca yang baik di smartphone agar mata anda tidak rusak. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

Durasi Membaca

Tips pertama agar aktivitas membaca di smartphone tidak membuat mata anda rusak ialah dengan memperhatikan durasi atau lama waktu membaca. Sebaiknya anda tidak membaca lebih dari satu jam. Namun jika ingin lebih dari waktu tersebut, maka sebaiknya anda perlu mengistirahatkan mata sejenak minimal 15 menit sebelum memulai membaca kembali. Nah, ketika istirahat, alihkan pandangan mata anda untuk melihat benda-benda berwarna hijau atau warna biru langit. Hal ini akan membantu lapisan bola mata yang bertugas menangkap warna dan cahaya agar membentuk zona Rhodopsin, yakni salah satu senyawa vitamin A. Rhodopsin yang merupakan pigmen ini berada di sel fotoreseptor dari organ retina, yang mana bertanggung jawab terhadap persepsi cahaya. Dengan demikian, kesehatan mata anda akan lebih terjaga.

Mengatur Posisi Tubuh dan Kepala

Tips kedua untuk membaca yang baik di smartphone ialah dengan mengatur posisi yang baik, yakni tubuh dan kepala yang tegak, sedangkan mata mengarah kepada objek baca dengan jarak ideal kurang lebih 25-30 cm. Usahakan untuk menghindari kegiatan membaca di smartphone sembari tiduran atau tengkurap, walaupun posisi ini paling nyaman untuk membaca. Sebab, kedua posisi tersebut dapat berpotensi memperburuk kondisi mata yang sehat. Membaca sembari tiduran dapat membuat mata anda bekerja lebih keras, karena pada umumnya, cahaya terhalang oleh kepala atau buku, sehingga mata anda kurang mendapat penchayaan yang cukup untuk membaca. Namun, jika terpaksa ingin tetap membaca buku sembari tiduran, maka sebaiknya ganjal bagian punggung hingga kepala supaya tetap mendapat posisi tegak atau posisi setengah duduk.

Mendapat Penchayaan yang Tepat

Selanjutnya, tips membaca yang baik di smartpone ialah dengan mendapat penchayaan yang tepat, yakni pencahayaan diarahkan langsung ke objek baca.. Pilihlah cahaya berwarna putih atau daylight, supaya lingkungan baca anda seolah-olah seperti di luar ruangan yang mendapat cahaya natural matahari.

Nah, itulah dia ketiga tips yang perlu anda ketahui saat sedang melakukan kegiatan membaca di smartphone. Tips membaca yang baik di smartphone perlu anda terapkan semata-mata demi kesehatan diri anda. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel