Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Jantung Lemah dan 6 Cara Mencegahnya

Penyakit jantung lemah terjadi di saat jantung sudah tidak dapat bekerja secara normal kembali. Kemampuan jantung dalam memompa darah menjadi turun sehingga aliran darah tidak lancar. Jantung tidak sanggup lagi memompa darah menuju seluruh bagian tubuh dengan jumlah eritrosit yang tepat.

cara menangani dan pengobatan penyakit jantung lemah

Seperti yang sudah kita ketahui, jantung merupakan salah satu organ vital yang harus tetap dijaga kesehatannya. Jantung bertugas untuk memompa darah agar dapat mengalir ke seluruh bagian tubuh. Dengan bersama darah yang dipompa maka nutrisi dan juga oksigen ikut menyebar ke seluruh bagian tubuh agar bagian tubuh tersebut mendapat tenaga untuk bergerak.

Jantung dilengkapi dengan otot yang membantunya dalam berkontraksi. Jantung memiliki dua rongga yaitu rongga atas dan juga rongga bawah. Setipa rongga akan bergerak secara bergantian. Dimana saat rongga atas jantung mulai berkontraksi maka darah akan di alirkan keluar dari jantung menuju seluruh bagian tubuh. Sedangkan saat rongga bawah mulai berkontraksi maka seluruh darah yang sudah mengalir ke bagian tubuh akan kembali menuju ke jantung.

Ada beberapa gejala yang di alami ketika penyakit jantung lemah mulai menyerang tubuh. Diantaranya adalah lebih mudah merasa lelah, tubuh tidak sanggup berjalan jauh, meningkatnya denyut jantung, kurang darah atau anemia, sering pusing, sesak nafas, mengalami gangguan pencernaan, batuk yang tak kunjung sembuh, menurunnya nafsu makan dan juga gangguan pikiran. Mengingat bahwa penyakit jantung lemah berbahaya maka perlu dilakukan pengobatan jika tubuh merasakan gejala-gejalanya.

Langkah Pencegahan penyakit Jantung Lemah

1. Menghindari makanan penyebab darah tinggi

Dengan menghindari zat yang bisa meningkatkan tekanan darah maka penyakit jantung lemah bisa sedikit diatasi. Makanan yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah seperti sate kambing. Jika tubuh mengalami peningkatan tekanan darah maka jantung yang lemah akan bekerja dengan extra sehingga akan memberatkan kemampuan otot jantung yang sudah menurun kemampuannya.

Baca Juga : 10 Langkah Sehat Untuk Mencegah Kanker Payudara

2. Hindari strees

Otak sebagai sumber segala sesuatu di tubuh harus selalu di jaga ketenangannya. Untuk mengobati penyakit jantung lemah perlu penanganan psikologis agar pikiran menjadi tenang dan dampak dari jantung lemah bisa di hindari.

3. Perbanyak konsumsi zat besi

Penyakit jantung lemah menyebabkan asupan sel darah merah yang menuju ke seluruh bagian tubuh menjadi kurang. Padahal bagian tubuh membutuhkan asupan sel darah merah yang cukup agar mampu menjalankan kinerjanya dengan baik. Karena sel darah merah yang disuplai jantung kurang maka jantung akan bekerja dengan extra untuk memberikan asupan sel darah merah. Memperbanyak makanan yang mengandung zat besi akan meningkatkan sel darah merah yang membuat kinerja jantung lebih ringan.

4. Konsumsi makanan yang mengandung anti oksidan

Keadaan penyakit jantung lemah akan menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh. Radikal bebas akan mudah terjadi yang akan menumbuhkan sel kanker di dalam tubuh. Memperbanyak makanan yang mengandung anti oksidan akan melawan radikal bebas yang terjadi didalam tubuh, sehingga resiko kanker bisa diperkecil.

5. Mengurangi kolesterol jahat

Kandungan kolesterol jahat yang terdapat dapam darah akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Jika tekanan darah naik maka kinerja jantung akan semakin berat. Keadaan ini akan memperburuk penyakit jantung lemah. Mengurangi kosumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol akan meminimalisir dampak yang buruk.

Baca Juga : 8 Cara Cepat Mengobati Keracunan Makanan

6. Olahraga ringan yang teratur

Dengan olahraga ringan maka kinerja otot akan di latih agar denyut jantung dapat stabil. Sehingga dampak penyakit jantung lemah bisa dihindari.