Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot Tanpa Root

Smartphone Android Lemot sering dijumpai pada perangkat ponsel pintar terlebih dengan masa produksi lebih dari 2 tahun. Beberapa alasan utama yang menjadi penyebab lambatnya kinerja smartphone adalah semakin banyaknya file update yang masuk dalam sistem operasi serta jumlah aplikasi yang berlebihan.

cara mengatasi smartphone android lemot, mempercepat performa smartphone android, membersihkan smartphone biar cepat

Selain hal tersebut, penyebab menurunya performa dari smartphone android dapat disebabkan oleh jumlah aplikasi terinstal yang banyak serta file cache yang sudah memenuhi directori. Hal ini tentu menjadi penghambat dalam sistem operasi saat akan mencariri dan memunculkan file yang ada di sistem.

Beberapa cara yang umum dilakukan para pengguna smartphone adalah melakukan root yang tentu memiliki resiko dimana jika gagal maka akan berakibat smartphone mengalami kegagalan fungsi atau bootlop. Lantas bagaimana cara aman mengatasi performa android yang lambat. Berikut ulasan kami tentang cara mempercepat performa smartphone.

Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot

Ada beberapa cara dan metode yang dapat kamu aplikasikan guna menunjang performa dari android kamu, seperti

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dapat menunjang performa dari smartphone yang kamu miliki. Dimana dengan jumlah aplikasi yang kamu pakai tidak terlalu berlebihan membuat kinerja smartphone yang kamu miliki menjadi lebih cepat.

Untuk melakukan uninstal dapat kamu buka di bagian pengaturan > aplikasi selanjutnya pilih aplikasi yang sudah tidak terpakai untuk diuninstall. Cara ini cukup efektif dalam menangani smartphone yang lambat. Kamu dapat melihat aplikasi yang memakan RAM terbanyak dalam bagian aplikasi berjalan. Jika dirasa tidak dibutuhkan kamu dapat menguninstallnya.

Baca Juga : Cara Flash Smartphone Android Secara Mudah dan Cepat

2. Pindahkan File Foto dan Dokumen ke PC atau Cloud Server

Jumlah file yang banyak juga akan membebani performa smartphone, terlebih bagi smartphone yang tidak menyediakan slot memori eksternal. Sebagai solusi lakukan backup data probadi seperti file foto, video atau dokumen ke perangkat eksternal atau PC kamu.

Selain itu kamu juga dapat melakukan backup ke akun Cloud Server seperti Google Drive atau OneDrive. di Google Drive kamu disediakan fasilitas penyimpanan sebesar 15 GB gratis hanya menggunakan email google. Sedangkan jika kamu menggunakan Onedrive milik microsoft kamu akan mendapatkan 5 GB File storage gratis.

Sistem Cloud Server juga akan memudahkan kamu jika ingin membagikan file atau dokumen yang kamu miliki. Space penyimpanan juga dapat diperbesar dengan berlangganan menggunakan fitur berbayar.

3. Hapus Cache File Smartphone

Cache merupakan file sementara yang ditimpa ke memori smartphone, dimana memiliki tujuan untuk mempercepat pemanggilan perintah ke aplikasi yang sedang berjalan. Lantas jika memang tujuanya mempercepat kenapa harus dihapus?

Alasanya sederhana, jika cache dalam memori smartphone sudah terlampau banyak, maka hasilnya malah memberatkan saat anda memanggil aplikasi baru. Oleh karena itu penghapusan Cache disarankan jika performa smartphone anda mengalami pelambatan.

Caranya cukup sederhana, kamu tinggal membuka pengaturan ponsel, dan masuk ke menu aplikasi, selanjutnya klik aplikasi yang akan dibersihkan lalu klik pada bagian "clear cache" atau "bersihkan cache"  Sebagai perhatian, cara ini dalam beberapa aplikasi akan menyebabkan kamu diminta melalukan login ulang.

Selain menggunakan cara manual, kamu dapat menggunakan aplikasi pembantu untuk membersihkan cache seperti CC Cleaner atau RAM Booster. Aplikasi ini akan melacak cache file yang sudah tidak diperlukan dan akan menghapusnya hanya dengan satu kali klik.

4. Clear Data Browser

Jika kamu sering melakukan browsing menggunakan browser lewat smartphone file cache atau history juga akan memberikan dampak pada performa smartphone. Oleh karena itu, lakukan pembersihan data browser secara teratur untuk memaksimalkan kinerja android. 

Cara melakukan pembersihan cukup simple, jika kamu menggunakan broser chrome masuk ke pengaturan lalu klik pada bagian privasi, selanjutnya masuk ke bagian "hapus data penjelajahan" pilih rentang waktu lalu klik pada bagian hapus data.

Jika kamu menggunakan Mozila, caranya hampir sama yaitu masuk ke pengaturan, lalu klik pada bagian "clear private data" centang file yang akan dihapus lalu klik pada bagian set.

Baca Juga : Cara Mengetahui Hp Asli dan Palsu

5.  Menggunakan Aplikasi Smart Booster

Cara satu ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang ingin menunjang performa smartphone tanpa ROOT. Dengan aplikasi ini kamu dapat menjalankan perintah pengoptimalan smartphone sesuai kebutuhan, seperti pembersian file cache, pengelolaan aplikasi serta optimalisasi RAM yang terpasang pada smartphone. Overall aplikasi ini cukup membantu dan sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna dengan rating 4,3

Itulah tadi beberapa tips dan cara Mengatasi Smartphone Android Lemot Tanpa Root, sebagai penutup faktanya semakin berkembangnya dunia gadget mendorong keluarnya produk baru dengan fitur lebih tinggi dan akan berpengaruh pada device lama. 

Hal ini karena update OS yang terus berkembang mengakibatkan update yang akan memberatkan bagi pengguna dengan device smartphone yang kurang mumpuni dan membuat device lama performanya menurun.Semoga tips diatas dapat membantu untuk mempercepat performa smartphone yang anda miliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel