Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Cepat Mengobati Keracunan Makanan

Keracunan makanan merupakan gangguan dalam tubuh khususnya system pencernaan yang disebabkan oleh zat berbahaya yang ada pada makanan. Zat berbahaya tersebut bisa berupa bakteri, jamur, virus dan juga bahan kimia. Namun, secara umum keracunan makananan dapat disebabkan oleh makanan basi/kadaluarsa, makanan mentah dan makanan yang salah dalam cara memasaknya.

Gejala Keracunan Makanan

Pertolongan pertama mengobati keracunan, cara menangani keracunan makanan

Gejala keracunan makanan pada umumnya adalah pusing, mual, muntah dan diare. Gejala yang timbul pada tiap penderita sangat bervariasi tergantung tingkat parah atau tidaknya keracunan. Pada tingkat yang parah, keracunan makanan juga dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran, dehidrasi hingga kematian.

Cara Mengatasi Keracunan

Keracunan makanan dapat terjadi begitu cepat. Oleh karena itu, cara mengobati keracunan harus ditemukan dengan cepat. Namun, Anda tak perlu panik karena keracuan makanan sebenarnya dapat diatasi dengan sangat mudah. Berikut beberapa cara mengobati keracunan makanan dengan cepat.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengobati kesracunan makanan yang pertama adalah dengan minum air putih. Meminum air putih sebanyak-banyaknya dapat membantu tubuh mengeluarkan racun. Sekain itu, air putih juga dapat mengurangi rasa mual serta menghindarkan dari resiko kekurangan cairan.

Baca Juga : 10 Langkah Sehat Untuk Mencegah Kanker Payudara

2. Konsumsi Madu

Madu murni mengandung anti bakteri dan anti infeksi. Oleh karena itu, mengkonsumsi satu sendok madu 3 kali sehari dapat meminimalisir masalah pencernaan yang ditimbulkan oleh keracunan makanan.

3. Jahe

Cara mengobati keracunan makanan selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Cara memanfaatnkannya adalah mengambil satu ruas jari jahe lalu memarutnya. Rebus parutan jahe tersebut dengan segelas air hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan madu atau gula sebagai perasa.

4. Buat Larutan Oralit

Apabila penderita mengalami muntah dan diare berkepanjangan, maka Anda perlu memberinya oralit untuk mengantikan glukosa, garam dan mineral dalam tubuh. Anda bisa membuat oralit sendiri dengan mencampurkan satu sendok teh garam, satu sendok teh gula dan satu gelas air.

5. Air kelapa hijau

Air kelapa tak hanya apat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan, namun air kelapa juga mengandung senyawa kompleks yang berfungsi sebagai penawar racun. Air kelapa juga mampu mengobati sakit kepala, panas dalam dan demam yang mungkin saja muncul ketika seseorang keracunan makanan. Namun, jangan mengkonsumsi air kelapa muda jika Anda sedang mengkonsumsi obat dokter karena air kelapa akan menganggap obat-obatan yang Anda konsumsi adalah racun sehingga air kelapa juga akan menetralisir kandungan obat tersebut.

6. Jeruk lemon

Air perasan lemon mengandung senyawa yang mampu membunuh bakteri, dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk membunuh bakteri dalam perut. Caranya, buatlah jus lemon hangat dan minumlah secukupnya.

7. Teh hitam

Teh hitam mengandung senyawa tannic yang mampu menetralisisr racun dalam tubuh. Selain itu, kandungan teh hitam juga mmapu meringankan diare yang seringkali muncul saat keracunan. Oleh karena itu, meminum teh hitam dapat digunakan sebagi cara mengobati keracunan makanan dengan cepat.

Baca Juga : 9 Cara Menyembuhkan Cacar Air Dengan Bahan Alami

8. Konsumsi Buah

Cara Cara menngobati keracunan makanan yang terakhir adalah dengan mengkonnsumsi buah-buahan. Namun, bukan sembarang buuah-buahan melainkan buah-buahan tertentu seperti pisang dan apel. Hal ini dikarenakan buah apel dan pisang mengandung enzim yang mampu menangkal racun serta membantu mengurangi sakit perut dan diare.

Itulah tadi beberapa cara mengobati keracunan dengan tepat dan tepat. Bila setelah melakukan cara di atas tapi gejala keracunan tak kunjung reda, makaa segeralah mengunjungi dokter untuk mendapat perawatan medis.