Cara Flash Smartphone Android Secara Mudah dan Cepat

Banyak yang masih binging bagaimana Cara Flash Smartphone Android yang benar. Banyak kasus dimana setelah melakukan flash hp sendiri menyebabkan smartphone yang dimiliki menjadi mati total atau malah menjadi bertambah error. Lantas apa fungsi flash dan bagaimana cara melakukan flashing smartphone yang benar?

Cara Flash Smartphone Android mudah, tutorial Flash android pemula, cara aman flash android

Pada post kali ini kami akan membahas tutorial cara flash hp yang benar, dimana cara ini dapat kamu praktekkan sendiri di rumah. Tujuan dari flashing HP bermacam tergantung dari masalah yang ada di HP atau untuk meningkatkan performa smartphone sesuai kebutuhan.

Smartphone android memiliki sistem sistem operasi berupa OS atau open source dimana dapat dimodifikasi atau disetting secara manual untuk beragam kebutuhan. Namun perlu diingat, dalam melakukan flash smartphone pastikan kamu sudah mengetahui firmware dari smartphone yang akan kamu flash.

Manfaat dan Tujuan Flash Smartphone Android

Ada beberapa tujuan atau alasan kenapa kamu harus melakukan flash smartphone yang kamu miliki, flas hp android dapat dipakai untuk mengatasi masalah :
  • Mengatasi smartphone android bootlop dimana smartphone hanya menampilkan logo pembuka saja tanpa bisa masuk ke operating system
  • Mengatasi masalah error yang muncul di smartphone Android
  • Mengembalikan smartphone ke setelan pabrikan
  • dan beberapa alasan seperti ingin melakukan custom atau bereksperimen


Tools Memulai Flash Smartphone Android

Sebelum kamu siap melakukan flash smartphone, berikut adalah tools atau peralatan wajib yang harus kamu siapkan sebelum memulai flashing HP.
  • PC Desktop atau laptop
  • Aplikasi Odin : Source
  • Android USB Driver
  • Firmware sesuai dengan smartphone
Untuk mengecek versi firmware di smartphone, kamu dapat melihatnya dalam menu "about" di pengaturan dan versi firmware akan muncul pada bagian software Information. Pastikan mendownload firmware sesuai tipe smartphone, beberapa kasus kesalahan flash firmware dapat menyebabkan smartphone mengalami bootlop.

Cara Melakukan Flash Smartphone

Setelah semua tools yang diperlukan sudah dipersiapkan, selanjutnya instal terlebih dahulu Aplikasi Odin dan Driver USB yang sudah didownload sebelumnya. Pastikan juga daya atau batrai di ponsel yang akan kita flash terisi penuh atau minimal di 70 persen. 

Masuk ke Download Mode Smartphone

Langkah awal, matikan terlebih dahulu smartphone dan masuk ke mode download dengan menekan tombol Power + Home + Volume Down secara bersamaan. Setelah ponsel bergetar lepaskan tombol power tanpa melepas tombol home dan volume down sampai muncul tampilan layar sudah masuk ke mode download.

Jalankan Aplikasi Odin

tutorial aplikasi odin, cara menggunakan odin, flash hp dengan odin

Setelah smartphone sudah masuk ke mode download, selanjutnya jalankan aplikasi Odin yang sudah diinstal sebelumnya. Selanjutnya hubungkan smartphone dengan PC atau laptop menggunakan kabel usb, pastikan menggunakan kabel usb ori atau yang suport transfer data. Jika sudah ditancapkan, aplikasi Odin akan secara otomatis mendeteksi smartphone yang terhubung.

Mulai Instal Firmware Smartphone

Pertama klik bagian PDA dan masukkan firmware yang sudah didownload sebelumnya dan tunggu hingga file terkirim ke aplikasi Odin. Selanjutnya klik pada bagian start untuk memulai flashing smartphone android.

Setelah muncul tanda hijau pada bagian kiri aplikasi Odin, artinya instal firmware atau flashing android telah selesai. Segera cabut smartphone dan restart ulang. Selamat smartphone android kamu sudah selesai dilakukan flashing.


Masalah Flashing Android

Dalam beberapa kasus pasca dilakukan flashing smartphone hanya menampilkan logo pembuka saja atau bootlop. Jangan khawatir langkah yang mengatasi booting pasca flashing cukup mudah. Pertama masuk ke mode recovery smartphone dengan menekan tombol Power + Volume UP + Home secara bersamaan.

Jika sudah masuk ke mode recovery dan lakukan Reset Factory atau wipe data dan cache partition. Selanjutnya reset kembali smartphone kamu. dan Selamat smartphone sudah selesai di install ulang.

Dalam beberapa kasus khususnya pada smartphone baru, beberapa vendor melarang melakukan flashing ponsel dan dapat berakibat hilangnya garansi. Jika kamu sudah siap dengan hal tersebut cara diatas dapat kamu coba. Selamat bereksperimen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel