Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan QGIS

Cara Menggunakan QGIS – Aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui geografis yang bersifat open source bahkan disediakan secara gratis. Pada awalnya QGIS lebih dikenal dengan Quantum GIS. Yakni salah satu proyek OSGeo. Dikenal juga sebagai organisasi nirlaba serta nonpemerintah dengan tujuan untuk menyatukan komunitas geo spasial. Terutama dari semua wilayah yang ada di dunia.

Meskipun QGIS termasuk informasi geografis gratis, bukan berarti dianggap sebelah mata. Sampai saat ini QGIS sudah menjadi aplikasi andalan yang digunakan kalangan masyarakat. Termasuk juga kalangan profesional, praktisi dan lainnya.

QGIS juga dikatakan sudah mampu bersaing dengan sistem operasi lainnya yang premium. Hal yang menyebabkan QGIS bisa berkembang begitu pesat karena merupakan aplikasi open source. Maka dari itu QGIS kompatibel dengan berbagai jenis OS. Baik itu Windows, Mac bahkan Linux.

Cara Menggunakan QGIS Di Browser

Perlu diketahui bila QGIS browser merupakan aplikasi yang terpisah. QGIS browser juga merupakan bagian penginstallan standard dari QGIS itu sendiri. 

Cara menginstal QGIS bisa mengikuti petunjuk berikut ini.
  • Khusus windows untuk install QGIS bisa melalui OSGEO4W installer. Bisa anda lihat pada QGIS Browser yakni terletak di start menu
  • Khusus Mc letak aplikasi ini pada QGIS.app/Contents/MacOS/bin/QGIS Browser.app 
  • Apabila menggunakan Linux maka terletak pada qbrowser App tersebut berada di direktori aplikasi QGIS.

Panel QGIS Browser

Cara paling mudah untuk akses QGIS browser yakni menggunakan aplikasi desktop utama. Panel tersebut berada pada bagian kiri bawah QGIS. Perhatikan gambar di bawah untuk lebih jelasnya.


Prosedur QGIS


  • Untuk explore fitur yang ada pada QGIS bisa melalui aplikasi terpisah QGIS. Cukup masuk pada direktori sistem yang digunakan. Pada direktori anda akan melihat semua file support serta data non spasial. Nantinya akan ditampilkan layer spasial yang sudah didukung QGIS.


  • Apabila memilih layer, nanti akan melihat metadata pada tab pertama. Tepatnya berada di panel bagian kanan. Dengan demikian anda bisa mengetahui semua informasi berkaitan dengan dataset dari panel tersebut.



  • Apabila berpindah di tab preview nantinya anda pasti melihat tampilan sebuah garis besar dari dataset.



  • Tab terakhir yang bisa anda lihat yakni Attribute. Pada panel tersebut bisa mengetahui kolom serta field.



  • Data lainnya yang bisa di dapatkan pada QGIS yakni bisa juga mengetahui database serta jaringan. Jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



  • QGIS juga bisa menjelajahi file zip langsung. Bahkan menjelajahi semua data dengan format zip pada perangkat komputer. Pada aplikasi QGIS nantinya akan muncul sebagai dataset yang sudah didukung dengan preview.



  • Hal lain yang bisa didapatkan menggunakan QGIS yakni membuat folder dalam sistem komputer. Bisa dibuat berdasarkan selera masing-masing.


Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan aplikasi QGIS. Beberapa penjelasan di atas hanya sebagian saja yang terdapat pada QGIS.

Lebih jelasnya nanti akan dibuat penjelasan lengkap pada artikel lain. Maka dari itu silahkan berlangganan pada website ini guna mendapatkan update setiap artikel. Dengan berlangganan akan mudah mengetahui semua informasi terbaru yang kami lakukan setiap saat.

Bahkan banyak artikel terbaru dengan pembahasan berbeda tentang teknologi terkini. Bisa dipastikan anda semakin cepat dan paham tentang semua perkembangan teknologi. Tingkatkan ilmu anda dengan berlangganan pada situs terpercaya seperti situs ini.