Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melindungi Privasi Data Ponsel Agar Tidak Gampang di Lihat Orang Lain

Cara Melindungi Privasi Data Ponsel Agar Tidak Gampang di Lihat Orang Lain - Dapat dikatakan semua orang kini menggunakan smartphone pada setiap harinya, baik itu hanya untuk sms ataupun menelepon ke sesama pengguna lain. Atau kamu sering menggunakan smartphone untuk eksis di media sosial ataupun browsing internet untuk mencari informasi. Tahukah kamu, beberapa kegiatan tersebut bisa saja membahayakan privasi kamu? 

Coba kita bayangkan jika kamu menginstal begitu banyak aplikasi di smartphone kamu. Para pengembang aplikasi tersebut, bisa saja mendapatkan data-data privasi dari smartphone kamu kemudian menginstal ke server lain dengan menggunakan bantuan malware. 






Sebelum data-data kamu disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Melakukan pencegahan dasar untuk menjaga keamanan smartphone adalah langkah yang wajib dilakukan, untuk melakukannya ada cara-caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini. 

1. Jangan menyimpan di Google Documents

Meskipun tanpa ada batasan untuk menyimpan data di Google Documents, kamu tidak harus menggunakan platform online untuk menyimpan informasi pribadi kamu. Sebagai contoh, Google Docs bukan tempat untuk menyimpan daftar password dan Dropbox bukan tempat terbaik untuk memindai paspor kecuali disimpan dalam arsip dienkripsi.

2. Backup data

Untuk melakukan pencegahan dasar ke dua adalah dengan membackup semua data yang kamu miliki, melakukan backup juga dapat memulihkan informasi ataupun semua data-data jika suatu saat terjadi masalah pada smartphone yang kamu miliki. Jadi, tidak mengherankan kini smartphone sering mengalami masalah yang membuat data pribadi juga menjadi hilang. 

3. Matikan wifi dan bluetooth jika tidak di gunakan

Wifi dan bluetooth adalah salah satu cara yang sangat umum dilakukan oleh para hacker untuk terhubung kepada setiap smartphone target mereka. Mematikan wifi dan bluetooth saat tidak digunakan adalah langkah dasar yang tepat untuk di lakukan. 

4. Gunakan kata sandi yang aman

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan kata sandi yang cukup panjang "gunakan saja 12 krakter". Dan usahakan menggunakan kata sandi yang berbeda pada setiap platform yang kamu gunakan dengan ini akan menimimalisir pencurian sandi. 

5. Simpan alamat email utama dan nomer hp ditempat pribadi

Terkadang kamu saat akan berbelanja online diperlukan diminta alamat email dan hp. Nah, disini kamu jangan sembarangan membagikan kepada orang-orang asing dan di media sosial secara acak terlebih lagi jika alamat email kamu terhubung dengan perbankan. Alangkah baiknya kamu membuat alamat email dan nomer hp khusus untuk berlanja online. 

6. Tinjau untuk browser dan aplikasi

Kini sering orang menganggap remeh. Perlu diingat sebelum kamu memilih untuk menyetujuinya sebaiknya lebih teliti terlebih dahulu. Sebab, jika aplikasi tersebut dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa mengambil semua data yang kamu miliki. 

Nah, itulah langkah-langkah dasar untuk menjaga privasi data ponsel agar tidak gampang di lihat orang lain yang bisa kamu terapkan. Lakukan langkah tersebut dan pastikan smartphone kamu sudah aman, jika ada hal-hal yang mencurigakan sebaiknya teliti terlebih dahulu.